Sabtu, 09 Maret 2013

Out Of TRACK



Gujesgujesgujes… *suara kereta*

Kereta ini lagi beroperasi seperti biasanya ngangkut penumpang dari stasiun satu, ke stasiun lainnya. Ini hari kerja, makanya ga heran kalo keretanya penuh sesak kaya biasa. Penumpangnya juga beragam, mulai dari pekerja kantoran, anak sekolah, ibu-ibu sama anaknya, bapak-bapak, pedagang, pokonya banyak deh. Mereka punya kepentingan sendiri-sendiri. Udah ada pos-posnya gitu.


Dan ntah gimana ceritanya, tiba-tiba aja kereta itu keluar dari rel, jalurnya kereta. Bisa ngebayangin keadaan dalam kereta itu jadinya gimana? Mess up. Pasti. Kereta itu langsung kehilangan kendali, lost control. Masinis atau si otak dari kereta ini juga langsung ngeblank. Jangan ditanya keadaan penumpang di gerbong-gerbong belakang. Mereka takut. Kereta itu nabrak apa aja yang ada di depannya, dan baru berenti sampe akhirnya dia terguling.

Naudzubillah….

**

Oke, cerita diatas boongan ko. Itu cuma ngarang-ngarangnya gue aja.

Kali ini gue ngga akan ngebahas tentang kereta. Ngga. Tapi, gue akan ngebahas sesuatu yang keluar dari tracknya.

Yaps! Kadang sebagian orang yang udah merasa cukup bosan sama sesuatu yang dia lakukan, atau udah merasa cukup aman, dia bakalan keluar dari track (jalur) atau posisi amannya itu buat ngerasain sesuatu yang baru. Ngga semua orang ngelakuin hal ini lho ya, cuma orang-orang tertentu aja. Biasanya sih, yang suka sama tantangan. Mereka keluar dari tracknya ini ya dengan berbagai alasan, ada yang pengen belajar dari sisi yang berbeda, ada yang cuma buat seneng-seneng, ada yang buat iseng, ada juga yang buat memperjuangkan sesuatu, ngga tau deh sesuatunya itu apaan.

Menurut gue, orang boleh boleh aja keluar dari tracknya. Selama alasan yang orang itu pakai untuk keluar dari tracknya itu baik-baik aja dan dia bisa mempertanggung jawabkannya, kenapa engga? Selain itu dia si-orang-yang mau keluar dari tracknya tau hukum sebab-kibat dari tindakan yang bakal dia lakuin. Jangan buat orang lain dulu deh, buat dirinya sendiri aja dulu. Positif apa ngga.

Nah, yang jadi permasalahannya disini itu, kalo orang ini pengen keluar dari tracknya tapi dia ngga tau pasti akan sebab dan akibat yang bakal dia dapetin nantinya. Keluar dari tracknya ya cuma karena ‘iseng’, ‘bosen’, mau ‘jajal’. Heiiii! Ini hidup, elu iseng sama hidup lu? Apa lu bosen? Atau jangan-jangan elu cuma mau jajal-jajal hidup? Ke laut aja deh.

Ada yang bilang, kalo lu mau ngerti sesuatu atau pun belajar sesuatu, lu harus buat kesalahan. Nah, dari kesalahan itu bisa ngajarin apa yang harus lu lakuin untuk kedepannya. Gue akuin itu betul. Gue ngga akan ngerti tentang rumus matematika, sebelum gue buat kesalahan waktu ngerjain soalnya. Tapi gini lho, kita berandai-andai dulu bentar dan semoga ini ngga bener kejadian sama gue. Gue udah ngerjain banyak soal matematika, tapi ntah karena bodohnya gue atau gimana, tetep aja gue salah. Dari jamannya transportasi umum itu naek andong, ampe nanti pake elang terbang. Tetep aja gue salah. Menurut nganaaaaa??

**

Orang yang berani keluar dari tracknya untuk mencapai sesuatu itu menurut gue keren. Dia ngerelain apa yang udah buat dia nyaman, apa yang udah klop sama dirinya buat sesuatu itu. Beruntunglah buat si-sesuatu. Bukannnnnnn, bukan sesuatu-nya Syahrini bukan.

**

Ada yang nyimak TL gue beberapa minggu terakhir?? Sumpah. Gue sendiri ngerasa asing sama tweet-tweetnya. Itu bukan gue banget gitu. Sebagian besar anak-anak kelas malah bilang gue galau setelah ngeliat TL gue. Astagaaa. Itutuh bentuk kerandoman gue, yang ngga tau harus diluapin kemana. Bentuk kerandoman? Iya. Random gue abis keluar dari track gue, dan ini lagi masa pencarian track lagi. Track gue kabur, ngga mau di-track-in sama gue. Halah. Apaan sih gue?? -____-  Kerandoman gue ini sama aja kaya waktu si kereta keluar dari tracknya dan kehilangan kendali. Yaps! Inilah gue sekarang. Kedepannya? Gue juga ngga tau. Biar waktu aja yang jawab.

Gue. Sebagai orang yang pernah keluar dari track tanpa mikir hukum sebab-akibat, dan yang seharusnya diceburin ke laut ini berpesan: “jangan pernah ambil suatu keputusan waktu otak lu lagi di serang sama virus. Seandainya, lu mau keluar dari track yang lagi lu jalanin. Please banget untuk pastiin lagi apa yang jadi sebabnya elu keluar dari track, yakinin kalo sebabnya itu STRONG, bukan SETERONG. Dan untuk akibatnya, pastiin juga kalo itu baik buat lu, jauh lebih baik dari track sebelumnya malah dianjurkan.”

**

Hyak! Sekian dulu postan dari gue mengenai track-track-an. Mungkin abis ini gue mau jadi pengusaha rel kereta. Biar keretanya ngga keluar jalur.

Note: postan ini terinspirasi dari pengalaman gue sendiri. Sama sekali ngga ada maksud nyindir-menyindir. Maksud dari postan ini biar gue bisa introspeksi diri gue sendiri. Semoga ada yang bisa dipetik dari postan ini bagi yang baca.

Thank you for reading. *lempar senyum*

2 komentar:

  1. betul jangan juga ambil keputusan ketika marah, mending kabur nenangin diri naik kereta api, gujesgujes hehe

    BalasHapus