Senin, 02 Februari 2015

Taman Baca Semesta


Taman Baca Semesta

Hari ini, tepat 02 Februari 2015 merupakan satu tahunnya TBSemesta berdiri. Launching taman baca ini dilakukan berbarengan dengan penyelenggaraan Maulid Nabi Muhammad SAW 1435 H, tepat satu tahun yang lalu pada tanggal 02 Februari 2014.

Alhamdulillah, berkat keistiqomahan remaja sekitar yang terus menjalankan project keliling setiap minggu sore untuk membuka taman baca ini, sampailah pada miladnya yang pertama.


Seperti niatan awal untuk membuat taman baca keliling yang dapat berpindah dari satu tempat ke tempat lain, rak buku didesain menyerupai gerobak yang fleksibel dapat dipindahkan. Selain dikarenakan keterbatasan tempat, yang mana IRMAL --sebagai pendiri, belum mempunyai tempat atau basecamp, TBSemesta ini diharapkan dapat menyisir wilayah-wilayah sekitaran RW 03 yang mempunyai banyak anak kecil untuk menyebarkan kecintaan terhadap membaca.

Koleksi buku yang saat ini dimiliki oleh TBSemesta, diperoleh dari sumbangan rekan-rekan yang ikut berpartisipasi. Ada buku pelajaran, dongeng, majalah, komik, novel, dan berbagai macam lainnya. Meskipun buku sumbangan, tetapi masih layak baca. Untuk menambah koleksi buku anak, pengurus TBSemesta pada tanggal 18 April 2014 kemarin berburu buku bekas ke pasar senen.

Dalam perjalannya selama satu tahun, TBSemesta sempat mengalami kendala. Karena TBSemesta berbentuk gerobak, yang didalamnya terdapat banyak buku, aga kesulitan ketika para remaja putri yang ingin membuka TBSemesta tetapi tidak adanya tenaga laki-laki untuk mendorong dari tempat penyimpanan ke tempat digelarnya TBSemesta. Sempat pula ban yang digunakan mengalami kebocoran karena saking beratnya beban buku.

Selain masalah teknis, TBSemesta pernah mengalami pasang surut pembaca yang memang ditujukan untuk anak kecil. Seperti kemarin, yang dikarenakan faktor cuaca yang mendung dan gerimis. Tapi semoga semangat para pendirinya tidak akan luntur untuk TBSemesta kedepannya. Aamiin.

Untuk project kedepannya, TBSemesta akan kembali berburu buku untuk menambah  dan memperbaharui koleksi yang telah ada.

SELAMAT HARI LAHIR TAMAN BACA SEMESTA yang ke-1 tahun
Semoga semakin bermanfaat bagi Semesta:)

0 komentar:

Posting Komentar