Kamis, 18 Oktober 2012

Tragedi 18 Oktober (Unpam)

PAMULANG, Kamis, 18 Oktober 2012.



Terjadi bentrok antara mahasiswa Universitas Pamulang vs Polisi. Diketahui penyebab terjadinya bentrok terkait penolakan kedatangan Wakapolri Komjen Nanan Sukarna. Komjen Nanan Sukarna diundang untuk menjadi pembicara seminar di Fakultas Ekonomi Unpam, yang sebelumnya akan diundang Prabowo Subianto tetapi berhalangan hadir karena kesibukannya.



**

Pukul 10:40

Jam segini gue baru keluar mau balik dari sekolah, keluar kelasnya mah udah dari jam 10 sekian. Pas nyampe di gerbang sekolah ada beberapa anak Sasmita lain yang lari-larian, awalnya gue kira doi dikejar-kejar sama mahasiswa yang ngajakin kenalan. Ternyata eh ternyataa… Mereka lagi pada ngehindarin bentrok antara mahasiswa Universitas Pamulang vs Polisi. Selang beberapa detik kemudian gue denger suara kaya bom gitu, bukan bom sih sebenernya tapi gas air mata.

Serentak semuanya panik, anak-anak XI yang baru pada keluar, guru-guru, mahasiswa lain yang nggk tau apa-apa, anak-anak kelas X yang baru pada mau masuk ujian. Aduuh, bener-bener kacau. Gue yang baru keluar pun kaget, nggk ngerti apa-apa.

Gue ngeliat di gerbang UNPAM udah rame sama mahasiswa. Dari beberapa temen gue yang sempet ada di depan kampus bilang mahasiswa yang demo disenjatai batu + bambu. Berasa ada di jaman penjajahan Belanda nggk sih lo?

**

Pukul 11:00

Masih ada suara-suara boom! Dua puluh menit setelah gue keluar dan menyadari apa yang sebenarnya terjadi gue pun kalang kabut. Masih berdiri didepan gerbang dengan muka pengo:O ini kedua kalinya gue jadi saksi kejadian anarkis. Pertama waktu ngeliat langsung tawuran anak SMA di ciputat 3 taun lalu mereka pada bawa samurai, celurit dan seperangkat alat tani lainnya. Dan yang kedua ya hari ini, di Unpam, tepat disamping sekolah gue.

Mahasiswa yang berdiri di depan gerbang Unpam tadi ternyata lagi adep-adepan sama polisi. Ntah gimana ceritanya ada gas air mata yang nyasar jatoh tepat beberapa meter didepan gue. Boom! Sempet kena motor dan jatoh ke tanah dengan serbuk-serbuk putih yang pada terbang. Percis kaya terigu yang dilempar-lempar, ya begitulah. Bedanya serbuk-serbuk putih ini pedes. Sepersekian detik nyebar, orang-orang yang ada disekitarnya pada kena. Termasuk gue, iya gue. Kena mata perihnya minta ampun, matanya langsung merah. Serbuknya kehirup bikin sesek napas, langsung bersin-bersin. Nyelekit pula ditenggorokan.

Guru-guru yang ada langsung panik nyuruh anak-anak pada masuk lagi ke sekolah.

Banyak tanda tanya besar dikepala gue. Kenapa bisa ada bentrok kaya gini? Padahal pas gue dateng adem ayem aja, banyak polisi juga cuma jaga-jaga, salah satu mahasiswa Unpam juga cuma orasi-orasi.

**

Pukul 11: 35

Masih ada suara-suara ‘boom’. Gue masih disekolah, masih kalang kabut, masih bingung gimana caranya balik. Walaupun masih ada suara-suara ‘boom’ tapi tempat bentrok udah pindah ke jalan raya arah ciputat.

**

Pukul 11:43

Akhirnya temen-temen gue pada maksa balik, udah siang, takut dicariin orang tua masing-masing juga. Akhirnya kita nekat balik, nggk lewat depan Unpam kaya biasa, kalo lewat situ sih sama aja nyari mati! tapi kita muter lewat gg Sasmita terus ke belakang polsek. Pas nyebrang jalan raya itu ada bekas-bekas batu jatoh yang abis di lemparin. Bambu juga ada dimana-mana. Jalanan ditutup dari arah lebak bulus, ciputat, sama arah muncul. Nah, akibatnya nggk ada angkot yang lewat-.-

Dari depan kecamatan masih kedengeran suara-suara ‘boom’, di gerbang utama Unpam juga masih rame. Ampe adzan dzuhur juga masih bentrok, dan beberapa menit setelahnya gue pun balik, mumpung ada angkot. Dan gue pun nggk tau lagi gimana kelanjutan bentrok mahasiswa vs polisi.

**

Sesampainya dirumah gue pun kepo. Cari informasi dari mana aja. Dan dapet kabar kalo salah satu mahasiswa ada yang kritis di RSUD Pamulang kena tembakan polisi. Beberapa mahasiswa sama polisi juga ada yang luka-luka.

Gue nggk ngerti apa yang ada di pikiran kakak-kakak mahasiswa yang demo itu. Mereka menolak kedatangan Komjen Nanan? Tapikan si Komjen dateng juga karena diundang? Halah, gue nggk ngertiii.

Tapi menurut gue (anak bawang, yang nggk tau apa-apa), kakak-kakak mahasiswa ini kan generasi penerus bangsa toh? sama kaya gue, tapi kenapa malah ngasih contoh ke adek-adek penerus bangsa ini dengan demo yang anarkis? Mereka boleh aja dong demo, ngeluarin aspirasinya ya mbok tapi nggk dengan demo yang anarkis kakak. Kalo kata kaka gue, ya contohnya kaya nge-standup comedy kek gitu. Nyindir-nyindir pejabat yang brengsek kan gapapa. Diliatnya kan juga enak, bisa bikin ketawa pula. Nggk heran tanggal 24 september kemaren ada anak-anak SMA yang tawuran, ya boleh jadi karena diajarin sama kakak-kakaknya, diwarisin sama kakak-kakaknya.

Kalo kata PaOji : "bodoh, bodoh, bodoooh! percuma punya predikat MAHASISWA. ga sadar padahal mereka 'MAHA' dari pada 'SISWA'."

ini ada beberapa foto dari TKP :








3 komentar:

  1. gak tau deh klo mahasiswa demo entah kenapa klo gak ada "gesekan"nya berasa gak demo, tapi emang sih gak demen juga sama wakapolri gara2 omongannya yang enggak mencerminkan diri sebagai pejabat negara

    BalasHapus
    Balasan
    1. lantas, kenapa mind setnya nggk dirubah? supaya demo tanpa "gesekan" tetep berasa demo? toh adanya "gesekan" bakalan merugikan dua belah pihak

      Hapus
  2. Tokong pahami ya arti demokrasi,, dan tridarma perguruan tinggi.. jangan berasumsi tentang demo itu di kaitkan dengan anarkis..

    BalasHapus