Selasa, 06 Januari 2015

Untuk Ibuku



Untuk Ibuku

Ibu...
Kau adalah karunia terbesar dalam hidupku
Sembilan bulan mengandungku adalah beban yang kau jalan dengan riang gembira
Sakitnya kelahiranku kau sambut dengan air mata bahagia
Yang kini... Tak jarang, air mata bahagia itu berubah menjad air mata kesedihan
Karena kenakalanku, sebab kebandelanku


Ibu...
Apa Ibu tahu kalau aku menyayangimu lebih dari siapapun?
Meskipun aku tak pernah mengatakannya padamu
Perasaan ini selalu tersimpan di dalam hatiku
Dan... aku tak tahu bagaimana mengungkapkannya pada Ibu

Bu...
Maafkan aku yang sering membuatmu khawatir
Maafkan anakmu ini yang membahagiakanmu pun, aku belum mampu
Merepotkanmu malah menjad pekerjaanku. Maaf, Bu

Ingin aku ungkapkan betapa bahagianya aku memilikimu.
Dan mengucapkan langsung dar bibirku, “aku sayang Ibu”.

Ya Allah, ampunlah dosa-dosa Ibuku
Berilah umur panjang dan kesehatan selalu
Berilah kebahagaan d dunia dan di akhirat Mu
Kabulkanlah doa-doa Ibu dalam setiap sujudnya padaMu
Kumpulkanlah keluarga kam kelak dalam surgaMu
Aamiin

Aku sangat menyayangmu, Bu
Maafkan anakmu ini yang belum mampu membahagiakanmu
Ridhoi selalu jalan hidupku
Agar kelak aku dapat menciptakan senyum manis di bibirmu

**

Kemarin, tepat 5 Januari Mamak saya berulang tahun yang ke 46. Bukan usia yang lagi muda. Mamak sudah 46, saya –hampir 19.

Banyak saudara dan orang bilang kalau saya ini anak Mamak, dan kakak saya anak Bapak. Karena bentuk fisik saya memang lebih menyerupai Mamak, kurus. Dan kakak saya yang mirip dengan Bapak, gemuk dan bulat. Hehe. Ah, itu hanya anggapan orang.

Pernah sesekali, Mamak bercerita kalau dulu waktu saya kecil saya selalu bilang pada Mamak untuk jangan tua. Saya tidak mau melihat Mamak saya tua seperti Nenek saya. Merepotkan, memang. Apalagi dengan membiarkan saya tumbuh dewasa dengan Mamak yang tak bertambah usia.

Saya sadar, kenapa saya meminta Mamak agar jangan tua, supaya Mamak bisa selalu 
menemani saya sampai saya dewasa kelak. Karena aku tanpa Ibu, bagai butiran debu.

Saya takut. Takut kehilangan sosok seorang Ibu dalam hidup, yang padahal tak dapat terelakkan ketika Yang Maha Kuasa telah berkehendak. Karena rasanya pasti sakit, sedih, memilukan, seperti yang terlihat dari air muka Mamak ketika nenek meninggal. Saya pernah merasakannya, walaupun hanya dalam mimpi seperti cerita yang disini. Tapi sungguh, rasanya begitu memohok hati.


Di ulang tahun kali ini... semoga Mamak terus dipanjangkan umurnya dan diberi kesehatan. Dilancarkan rezeki dan urusannya. Semakin menjadi Ibu yang kuat bagi saya, dan keluarga. Dan... semoga apa yang dicita-citakan Mamak dapat terwujud kelak. Semoga saya dapat membahagiakan Mamak. Aamiin.

                                                                                                                           Dengan Cinta,
                                                                                                                           anakmu Nani.

3 komentar:

  1. Thanks banget.. Tulisan blognya, sudah mengingatkan saya betapa berharganya ibu dalam kehidupan ini ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama. Alhamdulillah kalo tulisannya berguna. Mari, saling mengingatkan :)

      Hapus